Puting Datar sukses menyusui???

Mengatasi Puting Datar

Tak ada satu hal pun di dunia yang lebih membahagiakan dan membanggakan seorang ibu, selain jika ia berhasil menyusui bayinya dengan baik. Namun ada bentuk puting susu yang tidak normal, bisa menyulitkan proses menyusui, yakni puting datar. Bagaimana mengatasinya?

Puting datar terjadi akibat pelekatan yang menyebabkan saluran susu lebih pendek ketimbang biasanya dan menarik puting susu ke dalam (tied nipples). Kondisi ini biasanya bawaan lahir tapi bisa pula terjadi saat pubertas. Selain sulit membersihkannya, puting susu datar ini juga penyebab masalah psikologi. Seperti merasa tidak sempurna di mata suami atau lenyapnya rasa percaya diri bahwa ia bisa menyusui bayinya kelak.

Bila dibiarkan tanpa penanganan, puting susu datar memang akan menyulitkan proses menyusui kelak. Yakni bila mulut si kecil gagal “menangkap” puting susu ibu dengan benar.

Jika merasa puting Anda datar, silahkan coba beberapa cara berikut untuk mengatasi dan bila perlu, silahkan kunjungi dokter Anda terlebih dulu.

Tekan bagian belakang daerah areola dengan ibu jari dan telunjuk, sehingga kedua jari membentuk bulatan. Tekan hingga puting susu keluar dan tahan keadaan ini selama beberapa menit. Anda bisa melakukan hal ini 2 kali sehari

Setiap kali akan menyusui, Anda bisa merendam dulu puting susu Anda ke dalam air hangat yang berada di dalam suatu wadah sambil secara perlahan-lahan menarik-narik puting ke arah luar

Gunakan breast shields. Alat ini mampu membantu menyiapkan puting ibu untuk menyusui. Tekanan yang konstan pada areola menyebabkan alat bantu menyusui ini akan membantu puting susu menonjol keluar. Lama kelamaan, puting susu akan “terlatih” untuk tetap menonjol ke luar. Breast shields dapat dipakai dari bulan ke 4 sampai ke 7 kehamilan. Sebaiknya Anda memakai BH dengan cup (mangkuk) yang nyaman dan cukup besar, sehingga mampu menyangga breast shields yang digunakan. Awalnya, pakai breast shields selama beberapa jam setiap harinya. Selanjutnya, secara bertahap tambahkan waktu pemakaiannya.

Jika puting susu Anda dirasa masih kurang memadai untuk menyusui, gunakan nipple shields yang terbuat dari silikon atau lateks di atas puting susu Anda setiap kali menyusui. Namun, penggunaan nipple shields bisa menyebabkan jumlah ASI yang diminum bayi berkurang 22-58%, tergantung dari jenis nipple shields yang digunakan. Untuk mengatasinya, saat Anda mulai menyusui dengan nipple shields pada puting susu, selanjutnya segera lepaskan begitu ASI mulai mengalir.

Artikel ayah bunda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: