Kehamilan Trimester Pertamaku

mom and baby Moms, ada beberapa keluhan yang umum di rasakan oleh ibu hamil pada trimester pertamanya. Apa aja sih?

  • Nausea (mual) dan muntah

Seperti pada postinganku  sebelumnya tentang morning sickness, keluhan mual dan muntah ini bisa datang kapan saja, dan tidak melulu di pagi hari. Hal ini di sebabkan oleh perubahan hormonal dan penurunan pergerakan usus yang terjadi saat hamil.

Cara mencegahnya : sering-sering ngemil, atau menyiapkan beberapa pilihan makanan yang membangkitkan selera. Makan dalam jumlah sedikit tapi sering.

  • Perasaan ingin pingsan

Berkurangnya asupan makanan, rasa mual, dan perubahan hormonal yang terjadi saat moms hamil akan meningkatkan perasaan ingin pingsan; yang biasanya berakhir pada kehamilan trimester kedua.

Cara menanganinya :

  1. Tidurlah setidaknya 8-10 jam setiap malam dan usahakan untuk beristirahan cukup di siang hari
  2. Jika moms masih bekerja, cobalah untuk merilekskan tubuh selama beberapa menit dan berbaringlah sambil mengangkat kedua kaki saat jam makan siang.
  3. Jangan berdiri terlalu lama

  • Hipotensi (Tekanan darah rendah)

Penurunan tekanan darah dapat timbul saat moms hamil. Perasaan pusing akan muncul jika berdiri terlalu lama atau saat moms mendadak berdiri dari posisi berbaring atau duduk.

Cara mencegahnya :

  1. Jangan berdiri terlalu lama
  2. Jika merasa ingin pingsan, duduklah dan telungkupkan kepala di antara kedua lutut atau berbaringlah sambil menekuk kedua lutut .
  3. Jangan berdiri secara mendadak setelah posisi duduk atau berbaring. Jika sebelumnya berbaring, pertama-tama balikkan badan moms ke salah satu sisi dan bangunlah secara perlahan.

  • Sering berkemih

Rahim yang makin berkembang akan menekan kandung kemih yang terletak di bawahnya, sehingga keluhan ini akan muncul. Perasaan ini biasanya akan menghilang pada kehamilan trimester kedua; di mana saat itu rahim telah tumbuh membesar di luar rongga panggul, hingga ia tidak akan menekan kandung kemih lagi.

  • Peningkatan keluarnya cairan dari dalam vagina

Terdapat sedikit peningkatan keluarnya cairan vagina yang berwarna keputihan saat hamil. Jika cairan ini berbau amis, terdapat bercak darah, atau diikuti rasa gatal, konsultasikan hal ini dengan dengan dokter.

  • Perasaan lebih sensitive

Selama kehamilan, seorang wanita dapat mengalami perubahan emosi yang amat cepat dan menjadi sangat sensitive. Hal ini merupakan salah satu akibat perubahan peningkatan hormone selama kehamilan. Moms mungkin akan menjadi mudah marah dan jengkel, karena lelah, akibat rasa mual yang moms rasakan atau karena moms khawatir secara berlebihan.

Source : Panduan praktis kehamilan dan melahirkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: