Memilih Dokter/Bidan

dokterMoms, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk memilih DSOG atau Bidan sekaligus rumah sakit untuk memeriksa rutin kandungan kita.

  • Pertama, yang dapat menjadi pertimbangan adalah tempat. Usahakan carilah tempat praktek DSOG atau bidan yang dekat dengan rumah.
  • Kedua, sebisa mungkin carilah DSOG/Bidan yang tidak pelit informasi dan dapat berkomunikasi dua arah dengan pasiennya. Bisa sabar (tidak terburu-buru) dalam memberitahukan segala informasi tentang kehamilan yang moms pertanyakan ketika berkonsultasi (sebisa mungkin moms persiapkan dari rumah catatan yang berisi pertanyaan ya)
  • Ketiga, carilah DSOG/Bidan yang pro ASI alias tidak susu formula minded. Lebih bagus lagi kalau bisa menerapkan yang namanya IMD (Insiasi Menyusui Dini) jadi ketika bayi baru saja di lahirkan langsung di letakkan di dada ibunya agar mencari puting ibunya sendiri secara aktif . Jadi jelaslah kalau IMD bukanlah kegiatan menyusui melainkan menyusu  (jelaskan perbadaannya🙂 ). Program ini dilakukan dengan cara langsung meletakkan bayi yang baru lahir di dada ibunya dan membiarkan bayi ini merayap untuk menemukan puting susu ibu untuk menyusu. IMD harus dilakukan langsung saat lahir, tanpa boleh ditunda dengan kegiatan menimbang atau mengukur bayi. Bayi juga tidak boleh dibersihkan, hanya dikeringkan kecuali tangannya. Proses ini harus berlangsung skin to skin antara bayi dan ibu.
  • Keempat, carilah rumah sakit bersalin yang bisa rooming-in alias rawat gabung antara ibu dan bayi. Jadi ibu dan bayi ada dalam satu kamar tidak terpisah. Manfaat rooming in sendiri berdampak langsung pada ibu dan bayinya. Salah satunya, Rooming in akan membantu memperlancar pemberian ASI. Karena dalam tubuh ibu menyusui ada hormon oksitosin. Hormon ini sangat berpengaruh pada keadaan emosi ibu. Jika Ibu tenang dan bahagia karena dapat mendekap bayinya, maka hormon ini akan meningkat dan ASI pun cepat keluar. Sehingga bayi lebih puas mendapatkan ASI, selain itu Manfaat lain dari perawatan rooming in bagi bayi akan lebih cepat menyesuaikan dengan waktu tidur dan bangun dengan ibu. Selain itu jika bayi menangis akan langsung didekap ibu sehingga bayi akan tenang mendengarkan detak jantung ibu, dan manfaat lainnya untuk  Ibu adalah, perawatan rooming in akan memperkecil resiko mengalami depresi pasca melahirkan, karena ibu merasakan daya tarik tersendiri terhadap bayinya dan membuat rasa sayang kepadanya. (source : rumahsehat.com)
  • Yang terakhir, carilah DSOG yang tidak ceasar minded. Jadi tidak sedikit-sedikit ceasar. Kecuali, kalau moms memang sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk melahirkan seacar. Tapi percayalah Allah sudah menyiapkan segala sesuatunya pada tubuh wanita untuk siap melahirkan dengan normal.

So …selamat menikmati saat-saat indah selama hamil ya moms🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: